Sistem Operasi Android

Meski sistem operasi (OS) Android yang resmi beredar dimulai dari versi 1.5 Cupcake, namun untuk tablet sendiri versi OS yang digunakan adalah mulai versi 2.1 Eclair. Sayangnya, versi awal ini masih banyak memiliki kekurangan dan keterbatasan. Oleh sebab itu, para developer pun berbondong-bondong mengembangkan versi update yang didukung beragam perbaikan.

Android 2.2 Froyo merupakan versi OS yang paling banyak digunakan tablet. Terlebih, untuk merek-merek lokal seperti IMO, S Nexian, DGtel, Advan Vandroid, Tabulet, Movi, Cyrus, Websong, dsb.

Versi berikutnya yang juga tak kalah pamornya adalah Android 2.3 Gingerbread. Di sini, produk tablet yang mendominasi masih seputar merek lokal. Namun, ada beberapa tipe tablet branded yang juga menggunakannya.

Nah, versi OS Android yang sejatinya dibuat untuk penggerak system tablet adalah versi 3.0 HoneyComb. Produk perdana yang menggunakan versi OS ini adalah Motorola Xoom. Dan yang paling baru adalah versi 4.0 Ice Cream Sandwich yang mulai banyak diterapkan pada tablet-tablet kelas premium.

Berikut ini, beberapa keunggulan yang ditawarkan tiap versi OS:

1. Eclair
Versi OS ini mulai dikenalkan pada 3 Desember 2009. Perubahan yang coba ditawarkan versi OS ini adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital zoom, dan Bluetooth 2.1.


2. Froyo
Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perbaikan yang hadir di versi ini antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.


3. Gingerbread
6 Desember 2010 versi terbaru android 2.3 Gingerbread diluncurkan. Perbaikannya ada di sisi interface, peninglatan pada keyboard yang lebih nyaman termasuk tambahan fitur copy/paste, mendukung fungsi VoIP Call (SIP support), mendukung teknologi NFC (Near Field Communication), dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization,dan baas boost), peningkatan pada kemampuan memainkan game serta dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.


4. Honeycomb
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 yang pertama kali hadir di Indonesia adalah Eee Pad Transformer produksi dari Asus.



5. Ice Cream Sandwich
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email segera offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.




6. Jelly Bean
Akan segera dirilis tahun 2012 ini. Android Jelly Bean ini diperuntukkan untuk komputer tablet dan memungkinkan untuk digunakan pada Sistem Operasi PC atau komputer. Sehingga rumornya kemunculan Android Jelly Bean ini untuk menyaingi rilis terbaru Windows 8 yang juga akan segera dirilis. Karena kita ketahui bersama perbincangan versi Android sebelumnya yaitu Android Ice Cream Sandwich pun masih hangat di telinga.








0 comments:

Post a Comment